Jumat, 12 Februari 2016

JARINGAN SEMANTIK 2


Untuk melihat jaringan semantik pertama klik disini

Konsep jaringan semantik diperkenalkan pada tahun 1968 oleh Ross Quillian. Jaringan semantik merupakan teknik representasi AI klasik yang digunakan untuk informasi proporsional, sehingga jaringan semantik sering disebut juga sebagai jaringan proporsional. Proporsi merupakan kalimat, baik benar maupun salah. Proporsi merupakan bentuk dari pengetahuan deklaratif karena proporsi menyatakan fakta. Proporsi selalu benar atau salah dan disebut sebagai atomic karena nilai kebenarannya tidak dapat dibagi lagi.

Jaringan semantik pertama kali dikembangkan untuk AI sebagai cara untuk menunjukkan memory manusia dan pemahaman bahasa. Jaringan semantik digunakan untuk menganalisa arti kata dalam kalimat, diterapkan juga pada banyak problem, termasuk representasi pengetahuan. Struktur jaringan semantik digambarkan secara grafis dalam bentuk nodes dan arcs yang menghubungkannya. Nodes sering juga disebut sebagai objek dan arcs sering juga disebut sebagai links atau edges. Link digunakan untuk mengekspresikan suatu relasi, sedangkan node pada umumnya digunakan untuk menunjukkan objek fisik, konsep atau situasi. Relasi didalam jaringan semantik sangatlah penting karena relasi tersebut menyediakan struktur pokok untuk pengorganisasian pengetahuan. Tanpa suatu relasi, maka pengetahuan hanya akan merupakan koleksi sederhana dari fakta yang tidak saling berhubungan. Dengan relasi, pengetahuan merupakan struktur kohesif tentang hubungan pengetahuan lain yang dapat disimpulkan.


dari contoh di atas dapat dibuat sebuah pernyataan.
Slamet is reading newspaper, it's source of knowledge. Slamet drinking flavored milk melon. Slamet likes fruit. Melon is a kind of fruit. Cow produces milk, cow eats grass. Grass and melon have green color.

Tipe Relasi

Dua tipe relasi atau link yang sering digunakan pada jaringan semantik adalah is-a (IS-A) dan a-kind-of (AKO). Link IS-A biasa digunakan untuk menyatakan jarak antar node atau untuk menyatakan suatu objek merupakan anggota dari suatu kelompok objek atau kelas objek tertentu. Link AKO digunakan untuk merelasikan satu jenis abjek ke jenis objek lainnya. AKO juga akan menghubungkan jenis individual ke jenis induk dari jenis dimana individual merupakan anak dari jenis tersebut. Objek didalam jenis/kelas memiliki satu atau lebih atribut secara umum. Setiap atribut memiliki nilai, gabungan atribut dan nilai disebut properti.

  • IS-A (ISA) berarti “contoh dari” dan merupakan anggota tertentu dari kelas.
  • A KIND OF (AKO) berarti “jenis dari” dan merelasikan antara suatu kelas dengan kelas lainnya. AKO merelasikan kelas individu ke kelas induk dari kelas-kelas dimana individu tersebut merupakan kelas anak.
  • HAS-A berarti “mempunyai” yang merelasikan suatu kelas menjadi subkelas. HAS-A berlawanan dengan AKO dan sering digunakan untuk merelasikan suatu objek ke bagian dari objek.

Dari contoh di atas dapat ditarik pernyataan :
Corolla adalah sebuah sedan, zebra adalah sebuah minibus, trajet adalah sebuah van, dan CJ7 adalah sebuah jeep. Sedan, minibus, dan van merupakan jenis 2WD, sedangkan jeep merupakan jenis 4WD. 2WD dan 4WD merupakan jenis mobil.

Keterangan :
AKO   = jenis dari
ISA    = adalah

–Perluasan Jaringan Semantik

Penambahan dapat dilakukan dalam  3 cara :

1.  Objek yang sama
2.  Objek yang lebih khusus
3.  Objek yang lebih umum


Tweety adalah seekor kenari. Pinguin bergerak dengan berjalan. Kenari dan pinguin adalah burung, burung mempunyai sayap dan bergerak dengan terbang. Burung adalah hewan yang menghirup udara.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates