Rabu, 27 Januari 2016

SISTEM PAKAR


Sistem Pakar merupakan salah satu area dari sistem kecerdasan buatan. Sistem ini banyak dikembangkan dalam bidang ilmu komputer, yang mana dirancang untuk membantu pengguna yang bukan merupakan seorang pakar untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman seorang pakar yang telah diakuisisi sebelumnya.
Sebagai salah satu dari sistem cerdas, tentunya didalam sistem pakar terdapat elemen Basis Pengetahuan yang terdiri dari aturan (rule) dan fakta. Jika hanya terdapat basis pengetahuan dari pakar saja tidaklah cukup untuk mengimplementasi suatu sistem menjadi sebuah sistem pakar yang utuh, basis pengetahuan tersebut harus disesuaikan dengan implementasi pada sistem dalam pemrograman komputer. Dikarenakan, Sistem Pakar sendiri merupakan basis pengetahuan yang telah dilakukan inferensi sebelumnya.
Komputer tidak mengenal basis pengetahuan yang dirancang oleh kebanyakan manusia. Basis pengetahuan sendiri biasanya ditulis dalam bahasa natural oleh manusia, yang mana belum terbentuk seperti bahasa pemrograman pada umumnya yang dapat langsung diproses oleh komputer.
Untuk itu, basis pengetahuan yang telah didapatkan sebelumnya harus dilakukan representasi pengetahuan terlebih dahulu. Representasi pengetahuan itu sendiri merupakan kegiatan untuk mengkodekan pengetahuan yang telah didapat dari akuisisi pengetahuan kedalam sistem pakar itu sendiri dan akan dilakukan inferensi nantinya .
Pengetahuan dapat direpresentasi dalam berbagai macam bentuk pada proses representasi pengetahuan ini, baik bentuk yang simpel ataupun kompleks . Pada makalah ini akan dibahas bagaimana bentuk-bentuk dari pemodelan representasi pengetahuan yang digunakan dalam sistem pakar beserta beberapa contoh kasus pemodelan representasi pengetahuan yang dapat diterapkan dalam sistem pakar.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates